Sebelum kita mulai, tidak semua orang suka linux, jadi kalau mau pake os lain ya boleh banget. Ini sharing aja gan.

Kayaknya setiap orang yang kenal ane, mereka aware kalau ane adalah seorang linux user. Mungkin itu salah satu hal pertama yang kepikiran ketika nama ane disebut, haha. Nah ane mau nulis, sapa tahu ada yang terinspirasi terus akhirnya pindah ke linux.
Dulu, sekitar tahun 2014, jamannya kita masih suka nongkrong di wifi.id telkom, sering ane lihat mas-mas keren yang lagi coding, buka-buka terminal, pake macbook tipis, keyboarnya nyala. Terlihat sangat epic memang kalau dibandingkan dengan laptop windows, yang kalau booting lamanya minta ampun.




Sampai sini, ane kayake belum kenal sama linux. Kemudian ketika lulus smp, ane memutuskan untuk masuk smk saja, belajar komputer, maka ane ambil teknik komputer dan jaringan. Nah, di sini ane kenal linux pertama kali, yaitu linux debian.

Debian cli, cuma text tok, ndak ada gambarnya, tapi keren haha

Dulu, ane diam-diam suka kalau ada kelas sistem operasi, walaupun kadang pura-pura males, biar samaan dengan temennya haha. Di kelas networking, ane belajar cara bikin web server, ftp server, mail server, setting dns pake bind9, dan lainnya, pakai debian. Ane cukup lancar di pelajaran ini dulu. Jadi nostalgia.

Walaupun ane sekolah tkj, tapi pelajaran linux bisa dibilang cukup sedikit, karena ada pelajaran seperti mikrotik, networking, dsb, selain banyak juga pelajaran umum. Lalu ane kenal ubuntu, masih di tahun yang sama, 2014, lalu ane ganti windows 7 ane dengan ubuntu 14.04, trusty.
Ubuntu 14.04 Trusty Tahr
 

Pertama kali waktu install ubuntu adalah, PC ane ga bisa buat muter mp3. WKWKWK, wah kacauuu, apaan nih. Lalu ane coba googling via HP, karena dulu PC belum ada wifi, dan tidak ada modem juga. Akhirnya ketemu, ternyata harus install package yang isinya codec, namanya ubuntu-restricted-extras. Lalu ane cari tutorial untuk menginstalnya. Ternyata komputernya harus konek internet wkwkwk. 



Sebelumnya ane pikir cara installnya sama dengan windows, kalau mau install aplikasi, cari file .exe nya lalu dobel klik neks neks neks neks neks neks finish. Maka ane cari ubuntu-restricted-extras di google, tapi kok ndak nemu installernya wkwkwk. Tapi ane belum nyerah, ane cari cara untuk install aplikasi di linux secara offline. Akhirnya nemu sebuah aplikasi, tapi ane sudah lupa nama aplikasinya. Jadi ane colokin usb flash di PC ane (yang offline) terus kalau nemu komputer yang ada internetnya (warnet), ane colokin usbnya terus dia download file-file yang ane butuhkan, setelah selesai, ane colokan ke PC offline, terus dapet deh aplikasinya haha. Nah, baru setelah diinstall, sekarang PC ane sukses memutar file mp3, wav, dan lain-lain.

Lalu ane beli modem, ane colok itu modem ke PC. Ternyata tidak kedetect. Ane cari sana sini. Akhirnya, ane pakai sakis3g. Nah ini adalah pertama kali ane kenal sama shell script. Dari sini, ane mulai kenal dunia linux, mulai kenal cara kerjanya gimana dikit-dikit.

Masih di tahun 2014, ane disaranin oleh seorang temen untuk pakai Zorin OS. Lalu ane coba bentar, tapi ane ndak cocok. Lalu akhir 2014, ane kenal elementary os, luna.


Elementary Luna ane, Screenshot 25 Januari 2015, masih sekolah dulu wkwk
 

Ane suka dengan distro linux yang satu ini. Berdasarkan pengalaman ane (mungkin antum beda), elementary itu cepet, stabil, dilihat enak. Maka ane jadikan elementary sebagai daily driver.

Seiring waktu berjalan, ane coba-coba juga banyak distro, seperti debian gui, backtrack (sekrang kali linux), linux mint, ubuntu gnome, deepin, lubuntu, xubuntu, dan sebagainya. Tapi akhirnya kembali juga ke elementary os haha.

Ane user linux elementary sejak versi luna (2014), lalu pertengahan 2015 kalau tidak salah, ane upgrade ke elementary freya, lalu di akhir 2016 ane upgrade lagi ke elementary loki, lalu upgrade lagi ke elementary juno di akhir tahun 2018, akhirnya terakhir ane upgrade ke elementary Hera di akhir tahun 2019.

Jangan kaget, tapi sekarang ane pakai Kubuntu 20.04, untuk tujuan coba-coba, belajar hal baru, sambil nunggu elementary odin bentar lagi akan rilis. 


Kubuntu 20.04, distro yang ane pake di akhir 2020


Kalau antum perhatikan, ane cuma pakai linux yang debian-based saja, kenapa? Debian-based distro, punya banyak aplikasi, selain juga yang paling populer, komunitasnya juga banyak, bisa tanya sana-sini, dan dokumentasinya juga oke. Ane belum kepikiran mau pindah ke arch atau yang lain. Mungkin besok ya haha.


 

Jadi, dari mulai pertama kali jadi user linux di tahun 2014 di mana ane bingung karena si ubuntu ndak bisa muter file mp3, sekarang di akhir tahun 2020, linux yang ane pake bisa apa aja.

Mau desain grafis 2d, bisa. 3D? Bisa. Design pake skeckup? Bisa? Software terjemah? Lengkap. Office? Mantap. Virus? Gaada. Booting? Cepet. Yang paling keren, terminal.

Terminal adalah selaganya. Ane memotong & menggabung video pake terminal, memotong & menggabung audio pake terminal, mengunduh files pake terminal, meremote instance di AWS pake terminal, menggabung gambar jadi pdf pake terminal, membuat pdf jadi gambar pake terminal, membuat folder secara massal pake terminal, isi logbook kkn pake terminal, bikin susunan direktori PK pake termiinal, dan banyak lagi wkw.

Jadi, ndak masalah kalau sampeyan mau meninggalkan windows dan pindah ke linux, tidak ada yang perlu ditakutkan. Ane pake linux untuk kuliah, lancar kok. Untuk terjemah, lancar. Untuk edit video, lancar. Untuk bikin web, lancaaaaarrrrr banget ini wkwk. Tapi tidak semua orang suka linux, jadi kalau mau pake os lain ya boleh banget.

Tapi perlu diingat bahwasanya setiap sesuatu itu butuh proses adaptasi. Kalau mau coba-coba linux saja, bisa coba tanpa diinstall. Artinya, laptop windows antum tetap aman sementara antum pakai linux dengan usb misalnya. Atau bisa juga diinstall barengan sama windows (dual boot). Jadi pas menghidupkan komputer, antum bisa milih, mau masuk windows apa linux.

 


Sekian.........