Penyebab yang sangat mungkin terjadi adalah karena telah ada service lain yang telah menempati port 80, misalkan ColdFusion Server, IIS Server, Skype, dll. Apache server sendiri secara default mensyaratkan untuk menempati port 80 agar dapat berjalan. Jika kita menemui hal seperti di atas di mana Apache server tidak mau berjalan, untuk memastikan bahwa port 80 memang digunakan oleh service lain di PC kita, kita bisa mengubah port untuk menjalankan Apache service tersebut. Caranya:

- ubah file “HTTPD.CONF” pada direktori (?:\xampp\apache\conf\)
- ubah “Listen 80″ menjadi “Listen 85″ (Port 80 diganti menjadi port 85)
- simpan file tersebut
- start kembali Apache Server

Jika Apache server dapat berjalan (running), berarti benar bahwa ada service lain yang sedang berjalan di port 80. Kasus yang sering ditemui adalah port 80 ternyata sudah ditempati oleh IIS Server karena memang service tersebut sudah menjadi bagian pada OS Windows. Oleh karena itu, jika kita ingin Apache server tetap berjalan pada port 80 maka kita harus mematikan IIS Server pada sistem kita.
http://localhost dengan IIS server

http://localhost (pada port 80) ditempati IIS server

Untuk mematikan IIS server tersebut dapat dilakukan melalui Start > Control Panel > Administrative Tools > Services (atau tekan Windows+R lalu ketikkan “services.msc”). Cari “World Wide Web Publishing Service”. Klik “Stop the service”. Ubah kembali “Listen 85″ menjadi “Listen 80″ pada file “HTTPD.CONF” tadi. Jalankan Apache server (pastikan Apache server telah berjalan / running). Masukkan URL “http://localhost” pada web browser. Sekarang XAMPP sudah dapat digunakan lagi sebagai local development server.
Disable World Wide Web Publishing Service

Disable World Wide Web Publishing Service

Kasus lain jika ada aplikasi Skype yang berjalan pada PC kita, bisa jadi service aplikasi tersebut yang telah menempati port 80. Untuk mematikasnnya, buka aplikasi Skype lalu pilih menu Tools -> Advanced -> Connections. Lalu hilangkan tanda centang (uncheck) pilihan ”Use Port 80 and 443″ dan tutup aplikasi Skype. Coba jalankan kembali Apache server.

Sebenarnya, ketika di awal tadi kita mencoba mengubah port ke 85, dengan cara itu pun kita sudah dapat menjalankan Apache server. Hanya saja saat memanggil Apache server dari web browser perlu ditambahkan angka port tersebut pada URL sehingga menjadi “http://localhost:85″.