Kasus : Laptop pacar ane kan aku upgrade dari ubuntu 13.10 jadi ubuntu 14.04. Nah kasusnya waktu install OS 13.10 gue ga atur partisinya, cuma 1 drive satu partisi. Akibatnya waktu install 14,04 kan data di partisi itu ke "wipe" ilang semua.

Akhirnya reputasi gue sebagai The biginning master of linux dipertaruhkan. Gue coba baca-baca di blog-blog linux gitu nemu cara yang ane butuhin banget. "RECOVER DATA". Iya, itu prosesnya12 jam lebih, mentiredkan sekali kan. Karena HDD 500GB, maklum aja.

Tool yang ane pake yaitu photorec dan testdisk.
Kalo lo pake ubuntu juga lo bisa install dengan cara ini:

$: sudo apt-get install testdisk

Terus di terminal jalanin :

$ : sudo photorec 

Untuk lanjutanya cari di google aja, keyword "recovery deleted files using photorec"
Udah tunggu aja nanti ada filesnya yang ter recover.

Kelemahanya yaitu nama filenya ga karuan, tapi mending daripada data tak terselamatkan.