Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
 

 


Kalau kita perhatikan, banyak pekarangan di sekitar rumah yang dibiarkan nganggur begitu saja. Padahal kalau diolah, mungkin bisa bermanfaat. Ada banyak cara untuk memanfaatkan pekarangan,  tapi ane lagi tertarik dengan konsep food garden. Food garden adalah garden yang isinya food, definisi yang ngawur wkwkwk. Ya intinya menanam tanaman yang bisa dimakan di sekitar rumah, gitu lah :-0.

Mari kita throwback bentar. Sebenarnya sudah lama ane tertarik di dunia perkebunan dan perhewanan, mungkin pada ga tau kalau ane suka biologi, dulu sempat pengen masuk kuliah jurusan biologi wkwk. Ane suka banyak sih, komputer, bahasa, dsb. Karena harus milih satu aja, maka milih bahasa, yang kuliahnya ga berat. Ane ga suka hidup dalam tekanan, tekanan tugas, laporan, yang pusing-pusing ga mau, wkwk. Jangan antum tiru ya. Ingat, jangan antum tiru wkwk.

Dulu kala, pernah lihat video di youtube, Apricot Lane Farm, kalau ga salah. Jadi mereka punya farm yang unik. Mereka mencoba mereplikasi ekosistem dengan men-diversity gan, paham ga? Contohnya aja gini, mereka punya kebun apel (kalo ga salah), ternyata diserang hama bekicot, akhirnya mereka taruh bebek di kebun apel itu, si bebek makan bekicot, maka hama bekicot berkurang, bebek pun kenyang tanpa si pemilik keluar uang. Contoh lain, banyak kotoran sapi di ladang tempat menggembala sapi, ini masalah karena kotoran sapi jadi sarang berkembang biaknya lalat. Maka ditaruh ayam di ladang. Si ayam makan larva, populasi lalat pun menurun gan. Pemilik kebun pun ngirit biaya pakan ayam gan. Gitu lah ya.

Nah, entah kenapa ane suka dengan konsep kek gitu. Keren aja gitu wkwk, selain tentunya kalau kita berhasil, kita bisa merdeka pangan, bisa menularkan ilmunya ke tetangga, bisa jadi satu RT jadi punya food garden semuanya, kan mantap tuh, atau kalau kelebihan pangan bisa diberikan ke tetangga biar makin klop wkwk, pokonya banyak manfaatnya lah insyaAllah. Makanya kalau udah bosen nugas (jangan salah, ternyata kuliah bahasa juga banyak tugas -_- ), kalau bosen nugas atau capek ngerjain terjemahan, ane suka lihat video gardening, baca-baca jurnal perkebunan, perikanan, pertanian. Namun sering kali ane hanya baca saja, cari info menarik hasil penelitian dsb, tanpa menulis. Nah sayang banget nih, sering nemu jurnal yang bagus, tapi ga ane catat yang penting-penting. Maka mulai sekarang, kayaknya ane bakal catat terus ane post di blog ini, sapa tahu ada yang terinspirasi haha. Tuuan lain kenapa ane post ini di blog adalah, biar temen-temen tahu kalau ane tertarik dengan yang kek gini, jadi kalau ada info menarik kalian bisa bagi-bagi info gitu, misalnya seminar, bazar, kopi darat komunitas kek gini, video atau ada buku yang bagus gitu.

Dari taman kita mungkin saja ada yang dimakan burung, dan itu adalah sedekah, seperti tulisan Ustadz Abduh hafizhahullah di situs Rumaysho.

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أُمِّ مَعْبَدٍ حَائِطًا فَقَالَ يَا أُمَّ مَعْبَدٍ مَنْ غَرَسَ هَذَا النَّخْلَ أَ مُسْلِمٌ أَمْ كَافِرٌ فَقَالَتْ بَلْ مُسْلِمٌ قَالَ فَلاَ يَغْرِسُ الْمُسْلِمُ غَرْسًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلاَ دَابَّةٌ وَلاَ طَيْرٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةً إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memasuki kebun Ummu Ma’bad, kemudian beliau bersabda, “Wahai Ummu Ma’bad, siapakah yang menanam kurma ini, seorang muslim atau seorang kafir?” Ummu Ma’bad berkata, “Seorang muslim.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia, hewan atau burung kecuali hal itu merupakan shadaqah untuknya sampai hari kiamat.” (HR. Muslim, no. 1552)

Pada riwayat Muslim yang lain disebutkan,

مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا إِلاَّ كَانَ مَا أُكِلَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةً وَمَا سُرِقَ مِنْهُ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ مِنْهُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَمَا أَكَلَتِ الطَّيْرُ فَهُوَ لَهُ صَدَقَةٌ وَلاَ يَرْزَؤُهُ أَحَدٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ

“Tidaklah seorang muslim menanam tanaman melaikan apa yang dimakan dari tanaman tersebut akan menjadi sedekah baginya. Apa yang dicuri dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh binatang buas dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Apa yang dimakan oleh seekor burung dari tanaman tersebut merupakan sedekahnya. Tidaklah dikurangi atau diambil oleh seseorang dari tanaman tersebut kecuali merupakan sedekahnya.” (HR. Muslim, no. 1552)

https://rumaysho.com/21196-raihlah-pahala-besar-dalam-amalan-mutaaddi.html

Jadi ane mau mulai ngumpulin info untuk buat food garden, yang mau ditanam apa, yang mau dipelihara apa, caranya gimana, masalahnya apa, tapi alon-alon wae sih. Pertama-tama, kita kasih project ini sebuah nama, apa ya? Food garden udah mainstream gan wkwk. Mari kita sebut Udyana Karta. Keren juga, wkwk. Udyana artinya taman, karta artinya aman. Maksud ane, taman yang bikin aman dari rasa lapar wkwkwkwk. Udyana Karta Project. Bahasa apa itu Fer? Bahasa jawa, tembung kawi. Contoh tembung kawi gan:
boga=pangan,
adi=bagus,
cakrawala=langit,
bupati=ratu, (pemilihan ratune mbantul wkwk)
eka=satu, (bhineka tunggal ika gan)
gapura=pintu (om tumbas gapura wkwkw),
giri=gunung (wonogiri=hutan gunung wkwk)
hamba=batur/pembantu/budak
kanan=kanan (pada gatau? Kanan itu serapan dari tembung kawi kanan lol)
kalbu=ati (QOLBU kalau arab, wkkw, mungkin kalbu serapan dari bahasa arab, wallahu alam)
kartika=lintang/bintang (planet juga disebut lintang, ya yang kelip-kelip di langit gan)
kusuma=kembang
jiwa=sukma
mina=ikan (mina padi, pernah denger? Dari tembung kawi juga gan wkwk)

Cukup ya contohnya, wkwk. Malah jadi kelas basa jawa nih. Satu lagi wis, siswa iku tembung kawi juga gan wkwk. Dan yang wow, UTARA iku tembung kawi juga, lor gan. Lagi lagi, WISMA, wkwkwk. wisma artinya rumah, wisma bias, rumah bimbingan islam, gitu lah ya wkwk. Kurang ga? WISUDA, artinya angkat, diangkat jadi sarjana gitu mungkin ya wkwk. Sarjana juga dari basa jawa, artinya orang pandai wkwkwk. Terakhir nih, YOGYA, artinya becik/baik. KARTA artinya aman wkwk. Yogyakarta = becik apik aman gan

Oke sampai mana tadi? Hmm nulis di blog ya gini, nulis yang ada di pikiran tanpa ada guideline. Oh oke, tadi nama udah dapet, Udyana Karta Project. Keren sih wkw. Selanjutnya, menurut ane penting untuk melayout lokasinya. Lalu cari list tanaman yang bisa ditanam apa saja. Terus bagaimana caranya, estimasi biaya dsb.

Sementara gini dulu deh, postingan selanjutnya berarti layout taman dulu kayaknya. Ane buat pake skechup aja InsyaAllah. Oke gan, sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Wassalamullahi alaikum warahmatuh wabarakatuh