Tanggal rilis elementary os 6 odin | elementary os 6 odin release date


Elementary OS sebentar lagi akan merilis versi terbarunya, elementary os 6. Edisi kali ini diberi kode dengan nama odin. Ane sendiri adalah user elementary sejak masih versi luna, namun saat ini sedang memakai Kubuntu, sekadar coba-coba saja, sambil nunggu odin dirilis dengan banyak fitur baru tentunya. Adapun tanggal rilisnya belum pasti. Tim pegembang akan merilisnya ketika sudah siap, tidak perlu terburu-buru begitu mungkin ya. Nah sambil menunggu tanggal rilisnya, kita bicara fitur barunya saja dulu.

Daniel Fore dan Cassidy Blaede telah membocorkan beberapa perubahan di elementary os. Beberapa perubahan/tambahan fitur di elementary odin adalah sebagai berikut:

1. dark mode elementary os odin

dark mode elementary os odin 

Odin akan dirilis dengan dark mode yang lebih bagus. Walaupun sebenernya ini bagi ane pribadi bukanlah masalah yang besar karena banyak tema dark yang sudah bagus di luar sana.

2. kini mendukung gestur multi-touch

multi-touch gesture elementary os

Pastinya akan membantu  sekali, khususnya bagi user laptop. Dulu waktu masih pakai windows, laptop ane support gestur multi-touch, tapi sayangnya elementary belum support fitur ini. Yah kita nantikan saja.

3. font rendering yang cantik

 
Elementary os dulu pakai system font Droid Sans, kalau tidak salah. Nah di edisi terbaru ini, entah apa font yang dipakai, tapi yang jelas terlihat bagus banget.

4.tampilan baru, berbasis css

Yah intinya tampilannya lebih rapi, lebih cantik, lebih enak buat mode gelap, dan sebagainya.

5. notifikasi support emoji

elementary os notification emoji

Ane user kdeconnect, jadi seringkali ada pesan WA atau telegram yang ane bales via laptop, nah besok, odin bakal support emoji di notifikasinya. Makin seru nih hehe.

Dan masih banyak update yang ada di sistem, seperti setting daemon, screen shield, dan sebagainya, baca di sini.